Tempat wisata di Tangerang
Kota Tangerang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Banten, Indonesia, tepat disebelah barat kota Jakarta, serta Kota Tangerang di- kelilingi oleh Kabupaten Tangerang disebelah utara dan barat.Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar di kawasan perkotaan Jabodetabek setelah Jakarta. Tapi gue nggak ngomongin tentang history kota Tangerang, kayaknya terlalu kaku deh, daripada baca yang kaku-kaku mending gue ngomongin tentang tempat wisata yang wajib lu semua kunjungi kalo lu sama keluarga, temen dan pacar ke main atau bahkan tinggal di Kota Tangerang kayak gue ini yang menetap bersama keluarga gue di Kota Tangerang. Oke bagi lu yang hanya tau Kota Tangerang kebanyakan hanya pabrik-pabriknya saja, namun sebenarnya cukup banyak tempat wisata di Tangerang dan sekitarnya yang pantas dikunjungi. Dimana sajakah tempat wisata yang wajib lu kunjungi kalo lagi main dan bersantai di Kota Tangerang.
1. Masjid Raya Al A'zhom
Masjid Raya Al A'zhom merupakan Masjid terbesar dan termegah di Kota Tangerang, Masjid ini bisa me- nampung jamaah sebanyak 15.000 orang. Yang menarik dari masjid ini adalah dibangun dengan 4 kubah setengah lingkaran yang merupakan Kubah Penyangga dan 1 kubah utama bagian atas, sehingga dengan adanya kombinasi arsitektur seperti itu tidak diperlukan tiang untuk me- nyangga kubah, sehingga kesan di dalam ruangan masjid sangat luas, lapang dan sangat nyaman serta sejuk. Pesona masjid ini adalah memiliki kemiripan dengan Aya Sofia di Istambul, Turki yang terkenal sebagai salah satu bangunan yang sangat indah. Keindahan bangunan itu, tak hanya dari kubah dan empat menaranya yang men- julang tinggi, tetapi ukiran-ukiran-nya yang menawan pada bagian interiornya. Bagi umat Islam yang dengan bangunan Aya Sofia tersebut, tak perlu kecil hati bila tak mampu pergi kesana. Sebab, di Indonesia ada bangunan sejenis yang mirip dengan Aya Sofia yang ada di Istambul. Tempatnya di Kota Tangerang, Provinsi Banten lokasinya nggak jauh kok dari Bandara Internasional Sokekarno - Hatta. Mungkin hanya 30 menit atau1 jam perjalanan kok. Fasilitas yang dimiliki Masjid ini adalah tempat sholat, tempat wudhu, ruang pengkajian, ruang mihrab, ruang persiapam, dan perpustakaan.
 2. Masjid Pintu Seribu

Masijid yang terletak di Kampung Bayur, Priuk, Jatiuwung Tangerang ini dikunjungi oleh peziarah karena keunikannya. Pasalnya, masjid yang memiliki nama Masjid Nurul Yakin ini dijuluki dengan nama Masjid Pintu Seribu. Hal itu disebabkan banyaknya pintu yang terdapat pada masjid yang memiliki aneka ragam gaya arsitektur ini. Masjid Pintu Seribu dibangun pada tahun 1978 oleh murid dari Syekh Hami Abas Rawa Bokor bernama Al-Faqir, yang merupakan seorang santri keturunan Arab. Selain itu, di masjid yang berlokasi di Kampung Bayur Tangerang ini juga terdapat sebuah tasbih berukuran besar yang terbuat dari kayu. Masjid Pintu Besar sering dikunjungi wisatawan karena keunikan desain bangunan dan tasbih raksasanya. Wisatawan yang datang tidak hanya dari sekitar Tangerang saja, melainkan ada juga wisatawan dari luar negeri, biasanya dari Malaysia dan Brunai.
 3. Masjid Kali Pasir
Masjid Jami Kalipasir, Tangerang, berada di tengah pemukiman penduduk keturunan Tionghoa. Memiliki bangunan bercorak etnis China, masjid ini disebut sebagai yang tertua di wilayah Tangerang.dibangun pada tahun 1700 oleh Tumenggung Pamitrwidjajadari Kahuripan. Ketika itu, masjid ini dibangun, selain untuk tempat ibadah umat Islam sekitar, juga sebagai tempat transit para penyebar agama Islam di Tangerang, Banten, dan Cirebon.


4. Pusat Pemerintahaan Kota Tangerang

Ini namanya Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. Selain untuk dinas para petinggi di Kota Tangerang, tempat ini adalah salah satu tempat yang paling digemari anak muda Kota Tangerang kayak gue gitu loh, disini tempatnya kopdar seluruh komunitas yang berada di Kota Tangerang kalo malem minggu dan weekend. Banyak komunitas yang kumpul bareng juga banyak jajanan kuliner di sekitaran kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, letaknya gak jauh kok dari Masjid Al- A'zhom.

5. Alun Alun Ahmad Yani Kota Tangerang

Alun-alun yang berada di tengah- tengah Kota Tangerang atau biasa- nya orang Tangerang termasuk gue menyebut Lapangan Ahmad Yani atau Alun-Alun Ahmad Yani. Di tempat ini biasanya ramai saat hari minggu dimana para Olahragawan berkumpul disini, selain jogging, main futsal, basket, ada juga hiking dan skateboard. Di alun-alun ini sangat ramai sekali dan penuh sesak di hari Minggu pagi. Bagi yang sedang lewat Kota Tangerang di pagi hari cocok nih buat main ke Alun-Alun Ahmad Yani Kota Tangerang selain mencari keringat yang sehat di pagi hari  yang cerah di Kota Tangerang ini disini juga bisa cuci mata loh buat yang berkunjung kesini.

6. Bendungan Pintu Air Sepuluh 

Terlihat megah, kokoh, dan menarik, Bendungan Pintu Air Sepuluh sudah menjadi salah satu tempat wisata di Tangerang yang sangat menarik. Bendungan Pintu Air Sepuluh mulai dibangun pada tahun 1927 dan merupakan salah satu peninggalan Belanda di Jalan Sangego, Kecamatan Karawaci, Tangerang. Sesuai dengan nama panggilannya, Bendungan Pintu Air Sepuluh memiliki sepuluh buah pintu air yang membendung dan mengatur Sungai Cisadane dengan lebar masing-masing pintu adalah sepuluh meter. Dengan pemandangan yang menarik dan udara yang sejuk, lokasi ini kerap kali dijadikan lokasi bermain anak-anak, kumpul-kumpul, memancing, dan menghabiskan waktu. Oh iyah Bendungan Pintu Air Sepuluh hampir pernah mejadi korban banjir Jakarta loh, karena Gubernur DKI Jakarta mempunyai rencana bikin sodetan dari Jakarta menuju ke Bendungan Pintu Air Sepuluh ini, tapi rencana itu sudah di tolak oleh warga Kota Tangerang karena akan menambah parah titik banjir yang suadah ada di Kota Tangerang. Bendungan tua ini disebut Pintu Air Sepuluh karena memang memiliki sepuluh pintu airnya yang mempunyai lebarnya masing-masing 10 Meter. Kalo mau berkunjung ke Bendungan Pintu Air Sepuluh nggak jauh kok tempatnya dari Masjid Pintu Seribu.

7. Kali Cisadane 

Kalo tempat ini cocoknya buat ber- santai di Sore hari menikmati tenang nya Kota Tangerang di sore hari. Disini juga ada taman-taman di- sekitar kali Cisadane disini juga tempatnya aman kok kalo mau membawa anak-anaknya dan sepupu nya bermain di pinggiran Kali Cisadane. Disini juga suka ada festival-festival yang diadakan di sekitaran Kali Cisadane, misalnya seperti Festival Cisadane, perayaan Imlek di Kali Cisadane akan lewat perahu yang berbentuk naga-naga yang sangat bagus dan indah.


8. Tugu Adipura

Ini dia tempat yang sering gue kunjungi apalagi pas masih SMK soalnya sekolah SMK gue nggak jauh dari Tugu Adipura, Tugu ini terletak di Jalan M. Yamin, Kota Tangerang, Tugu Adipura ini sering di jadikan tempat berkumpulnya komunitas-komunitas selain di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, karena tempat ini di jadikan titik di adakannya Car Free Day di Kota Tangerang. Biasanya acara Car Free Day di Kota Tangerang ini diadakan pada Minggu ke-4 tiap akhir bulan- nya. Care Free Day ini berlangsung mulai pukul 06.00 Pagi - 11.00 Siang.
 

Ridwan Nurhadi S.Pd, Penulis buku Cara Kaya dari Dunia Maya. Bagi anda yang membutuhkan privat training untuk pembuatan dan pengelolaan website dapat menghubungi saya di WA 085282586864.

Pesan website murah sekarang juga!

Keluhan dan saran
Bantu saya untuk lebih baik
Ridwan Nurhadi
WA 085282586864
Tangerang, Indonesia