Ke Bali ala Back Packer
Ke Bali ala Back Packer
Bagi sebagian orang ke Bali adalah impian karena Wisata terkenal di seluruh Indonesia adalah Pulau Dewata Bali, bahkan sebagian besar orang Jepang, China, Korea dan Eropa akan lebih mengenal Bali dibandingkan Indonesia. Kenapa ? karena promosi nama"Bali" sebagai tempat wisata kelas dunia lebih menggema dibandingkan nama Indonesia sehingga tidak salah sebagian dari mereka lebih mengenal Bali dibandingkan Indonesia.
Tak terkecuali bagi saya bersama keluarga juga berharap suatu saat bisa pergi ke pulau Bali sebagaimana cita-cita sebagian orang Indonesia ingin pergi ke Pulau Dewata. Telah banyak tempat wisata yang sudah kami kunjungi terutama di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, Jakarta, Banten dan bahkan Lampung dan kesan yang ada walaupun menyenangkan akan kalah dengan cerita akan keindahan pulau Bali. Keindahan dan kepuasan berwisata di Pulau Bali telah banyak ditayangkan oleh seluruh media televisi dan diberitakan melalui media cetak/tabloid bahkan meluas hingga di dunia maya tetapi semakin banyak yang memberitakannya maka akan semakin penasaranlah sebagian kita untuk pergi mengunjunginya.
Bali telah menjadi tempat yang banyak diinginkan seseorang untuk dikunjungi.........


Butuh waktu dan biaya yang memadai untuk bisa sekedar merasakan sensasi keindahan dan keramahtamahan penduduknya di Pulau Bali sehingga tidak semua orang bisa segera pergi ke pulau itu. Letak pulau Bali yang harus ditempuh dengan menyeberangi selat antara pulau Jawa dan Bali atau melalui pesawat terbang menyebabkan biaya dan waktu yang dibutuhkan menjadi pertimbangan untuk bisa sampai di Pulau Bali.
Akhirnya setelah sekian lama membuat perencanaan liburan panjang anak-anak sekolah bulan Juni tahun 2014, maka kami putuskan untuk bisa pergi dan merasakan sensasi wisata di Pulau Bali sebagai bagian dari pelajaran anak-anak dalam mengenal pulau-pulau di wilayah Indonesia. Banyak yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan perjalan ke Pulau Bali yaitu Biaya dan Waktu Liburan.

A. Estimasi biaya transport menggunakan pesawat terbang
Biaya dari Jkt-Bali melalui pesawat terbang sungguh tidak murah karena 1 ticket pesawat yang memadai minimal harus membayar Rp 1.500.000/orang sehingga anggota kami yang 3 orang  membutuhkan minimal biaya 2 x 3 x Rp 1.500.000 (pulang-pergi) = Rp 9.000,000

B. Estimasi biaya transport menggunakan mobil pribadi
Jarak yang harus di tempuh 1300 km mobil yang kami gunakan adalah Avanza dengan daya pemakaian 1 liter =13 KM, maka bensin yang harus dikeluarkan = 100 liter x Rp. 7.000 = Rp. 700.000 untuk pulang pergi Rp. 700.000 x 2 = Rp. 1.400.000 plus biaya tol dan lain lain = Rp. 2.000.000 sudah bisa ke Bali sekeluarga.

C. Estimasi biaya transport dengan kereta Api
Dari Pasar senen ke Surabaya Gubeng Tiket Ekonomi  Rp. 50.000 dari  Gubeng ke Banyuwangi tiket Bisnis Rp. 200.000 sudah termasuk biaya Bus Damri sampai ke terminal Denpasar. Total perorang Rp. 250.000 x 3orang = Rp. 750.000. Untuk tiket pulang pergi Rp. 750.000 x 2 = Rp. 1.500.000
Kami tidak berhenti berfikir untuk bisa berlibur ke Pulau bali dengan nyaman dan biaya ringan..........setelah berunding dengan keluarga akhirnya kami putuskan untuk pergi ke Pulau Bali melalui jalan darat.
Apa keasyikan  perjalanan darat  Jakarta-Bali ?
Saat Berangkat (Jalur Utara)
  1. Bisa singgah di kota-kota di Pulau Jawa untuk menyaksikan tempat-tempat menarik di sepanjang jalur utara dan selatan Jawa. (harus selektif memilih tempat yang akan disinggahi supaya tidak menguras waktu dan biaya)
  2. Bisa merasakan sensasi kuliner disepanjang jalur ke Pulau Bali minimal saat jam makan dan istirahat.
  3. Sebagai bahan pelajaran bagi kami dan juga anak-anak akan tempat-tempat menarik dan kota-kota di sepanjang jalur baik di Pulau Jawa dan Pulau Bali.
  4. Di saat dan moment tertentu kita bisa memilih untuk beristirahat sekedar mengenal daerah tempat pemberhentian.
  5. Bisa berfoto ria di kota-kota yang kita singgahi.
  6. Bisa mampir di Lokasi Bencana Lumpur Lapindo yang menghebohkan dunia.
  7. Bisa melihat gunung Bromo dari kejauhan atau bahkan bisa mampir jika ada waktu.
  8. Bisa melihat pembangkit listrik terbesar di Indonesia yaitu Paiton.
  9. Bisa merasakan sensasi menyeberangi selat Bali (Ketapang-Gilimanuk). 
  10. Bisa mengelilingi pulau Bali minimal jalur selatan Gilimanuk-Denpasar.
Saat Balik ke Jakarta (Jalur Selatan)
  1. Bisa merasakan sensasi kota santri di Jawa Timur sepanjang kota Banyuwangi ~ Malang
  2. Bisa merasakan jalur meliuk-liuk di daerah hutan di sepanjang wilayah lumajang ~ Solo.
  3. Bisa mampir di Kota Malang yang Sejuk.
  4. Bisa mampir di Kota Solo dengan wisata budayanya
  5. Bisa mampir di Kota Yogyakarta untuk sekedar berbelanja di Malioboro
  6. Bisa melihat sensasi Jalur Alternatif Pantai Selatan sepanjang jalan Pentanahan-Cilacap.
  7. Bisa mampir di Kota Garut-Bandung yang menawan.
Apa hambatan dan tantangannya :
  1. Fisik harus sudah terbiasa melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan mobil (kalau perlu bisa bergantian untuk menyetir)
  2. Siapkan multivitamin dan suplement penjaga stamina tubuh
  3. Jalur Peta Sepanjang Jalan dari Jakarta-Bali harus Valid (kalau perlu gunakan GPS dengan peta terbaru)
  4. Jika membawa anak-anak harus sudah terbiasa melakukan perjalanan jauh.
  5. Kejenuhan selama dalam perjalanan.
Jika hambatan dan tantangan tersebut di atas belum disiapkan maka sebaiknya jangan melakukannya karena akan jadi perjalanan yang tidak mengasyikkan.
 
Tapi selain menggunakan mobil, kita bisa juga menggunakan kereta api, ini jauh lebih tidak melelahkan ketimbang menggunakan mobil keluarga. Untuk rute kereta api cukup mudah, dari Stasiun Pasar Senen menuju Surabaya Gubeng, dari Gubeng ke Banyuwangi. Biasanya tiket Gubeng ke Banyuwawi sudah termasuk bus Damri sampai ke Denpasar.
 
Untuk penginapan yang murah di Bali ada penginapan Arthawan cuma 100 ribu permalam, sedangkan untuk keliling di pulau Bali, tidak tersedia angkot kesetiap jurusan, alternatifnya kita bisa menyewa motor dengan harga 50 ribu perhari. Cukup murah kan..?


Ridwan Nurhadi S.Pd, Penulis buku Cara Kaya dari Dunia Maya. Bagi anda yang membutuhkan privat training untuk pembuatan dan pengelolaan website dapat menghubungi saya di WA 085282586864.

Pesan website murah sekarang juga!

Keluhan dan saran
Bantu saya untuk lebih baik
Ridwan Nurhadi
WA 085282586864
Tangerang, Indonesia