Daftar NPWP secara online
Sebenarnya saya sudah memiliki kartu NPWP ini sejak 2011, namun tak ada salahnya saya share sebab ternyata nomor NPWP yang kita miliki bersangkutan dengan dokumen penting lainnya. Dibawah ini saya berbagi cerita cara mendaftar secara online :
1.    Membuka situs Direktorat Jenderal Pajak melalui website www.pajak.go.id maka tampilan akan seperti gambar 2.
Angsuran PPh Pasal 25
Gambar 2 Website Direktorat Jenderal Pajak
Setelah itu pilih menu e-Reg, setelah masuk maka tampilan akan muncul seperti gambar 3. Untuk WP yang belum mendaftar dapat memilih menu daftar baru.
Angsuran PPh Pasal 25
Gambar 3 Menu Registrasi Wajib Pajak Online
Perhatikan pendaftaran isteri dapat dilihat pada tampilan diatas  bahwa  pada prinsipnya sistem administrasi perpajakan di Indonesia menempatkan keluarga sebagai satu kesatuan ekonomis, sehingga dalam satu keluarga hanya terdapat satu NPWP. Dengan demikian, terhadap wanita kawin yang tidak dikenai pajak secara terpisah, pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakannya digabungkan dengan suami sebagai kepala keluarga. Dalam hal ini wanita kawin telah memiliki NPWP sebelum kawin, wanita kawin tersebut harus mengajukan permohonan penghapusan NPWP dengan alasan bahwa pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakannya digabungkan dengan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan suaminya.
2.    Stelah klik daftar baru, maka WP wajib mengisi data untuk pembuatan account dengan benar dan lengkap sesuai dengan data yang diminta, seperti gambar 4 berikut ini:
Angsuran PPh Pasal 25
Gambar 4 Pengisian Identitas PendaftaranOnline Wajib Pajak
Jika telah mengisi semua data yang diminta dengan benar dan lengkap lalu klik save, WP akan dinformasikan bahwa akun telah selesai dibuat. Kemudian cek e-Mail untuk mengaktifkan akun WP seperti gambar 5 dibawah ini:
Angsuran PPh Pasal 25
Gambar 5 Aktivasi Account
Klik link yang tertera pada e-Mail WP seperti garis merah pada gambar diatas untuk mengaktifkan akun WP. Apabila tidak berhasil maka salinlah link tersebut kedalam browser WP, kemudian akan tampil seperti gambar 6:
bea1
Gambar 6 Aktivasi login e-Registrasi

3.    Tahap berikutnya WP login ke sistem e-Reg dengan mengklik “Login di sini” kemudian tampilan akan berubah seperti gambar 3. Dengan mengisi username dan password yang telah di buat, WP dapat langsung membuat NPWP dengan mengklik “Permohonan Pendaftaran” dan mengisi formulir Permohonan Pendaftaran dengan benar dan lengkap, lakukan semua tahapan sampai selesai seperti gambar 7 dibawah ini.
bea2
Gambar 7 Registrasi
4.    Perlu WP perhatikan menu persyaratan dan pernyataan pada pengisian pendaftaran NPWP, jika WP ingin NPWP diantar sampai ke rumah, WP wajib mengunggah fotocopy KTP WP. Karena, jika WP tidak mengunggah fotocopy KTP WP, WP dianggap mendaftar dengan cara manual. Manual yang dimaksud adalah WP akan mengantarkan fotocopy KTP beserta Surat Pengiriman Dokumen (SPD) ke KPP terdaftar. Setelah selasai mengunggah fotocopy KTP WP lalu klik simpan dan proses permohonan.5.    Kemudian WP pilih menu “token”, nomor token WP akan dikirimkan ke alamat e-Mail WP, seperti gambar 8 berikut:
bunga
Gambar 8 Generate Token
6.    Tahap berikutnya WP kembali ke menu pendaftaran dan klik kirim, seperti pada gambar 9 dibawah ini.
bea2
Gambar 9 Pengiriman
7.    Kemudian tampilan seperti gambar 10 dibawah ini, lalu WP masukkan nomor token yang telah dikirim ke e-Mail WP sebelumnya dan klik kirim permohonan.
bea2
Gambar 10 Memasukkan Nomor Token
8.    Setelah itu akan ada konfirmasi bahwa permohonan berhasil terkirim, seperti gambar 11 dibawah ini.
Angsuran PPh Pasal 25
Gambar 11 Konfirmasi Permohonan Pendaftaran
Jika WP mengklik ok, maka WP telah selesai melakukan pendaftaran NPWP, dan WP hanya tinggal menunggu NPWP diantar. Sedangkan untuk WP yang melakukan pendaftaran Online tetapi pengiriman secara manual, berikut proses selanjutnya:
9.    Pada tahap nomor 4 dijelaskan bahwa pada menu persyaratan dan pernyataan jika WP memilih manual WP akan mengantar fotocopy KTP beserta SPD ke KPP sendiri. Tahapan pendaftaran sama dengan tahapan jika WP mengunggah fotocopy KTP. Perbedaannya, setelah WP memasukkan nomor token, kemudian tampilan akan seperti gambar 12 dibawah ini.
bea1
Gambar 12 Permohonan Berhasil Terkirim
Setelah klik ok, klik SPD seperti lingkaran merah pada tampilan gambar 12 di atas untuk mencetak SPD sebagai penyampaian dokumen persyaratan.10.    SPD akan didownload dalam bentuk PDF, Tampilan SPD seperti pada gambar 13 berikut ini.
Gambar 1
Gambar 13 Surat Pengiriman Dokumen
11.    Setelah mencetak SPD dan telah ditandatangani oleh WP, maka WP dapat mengirim forocopy KTP beserta SPD melalui pos atau mengantarkan langsung ke KPP terdaftar.
Inilah hasilnya… saya saat itu memilih untuk datang langsung ke KPP di Villa Permata Lippo Karawaci Tangerang. Tinggal setor data dan menunggu beberapa menit. Kartu langsung jadi.
npwp-ridwan

Ridwan Nurhadi S.Pd, Penulis buku Cara Kaya dari Dunia Maya. Bagi anda yang membutuhkan privat training untuk pembuatan dan pengelolaan website dapat menghubungi saya di WA 085282586864.

Pesan website murah sekarang juga!

Keluhan dan saran
Bantu saya untuk lebih baik
Ridwan Nurhadi
WA 085282586864
Tangerang, Indonesia