Mendaftar BPJS secara mandiri
Anda belum terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan atau anda masih bingung dengan tata cara daftarnya. Nah  saya akan berbagi sedikit cerita. Pada liburan lebaran kali ini karena saya tidak mudik maka saya meluangkan waktu untuk mendaftar di BPJS. Lumayan mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat bersilaturahim dengan pegawai BPJS. Awal saya mengikuti BPJS karena semata mata ingin partisipasi gotong royong. Sempat ragu memang, tapi setelah saya mencari informasi mengenai BPJS akhirnya dengan mengucap bismillah dan mohon keridhoan Allah SWT. Saya mantapkan niat untuk mendaftar.
daftar bpjs offline
Ada 2 macam cara mendaftar bpjs kesehatan yaitu melalui online dan offline. Untuk mendaftar online sebenarnya sangat mudah di web BPJS cukup masukkan nomor KK.. isi data… selesai…
Buka situs resmi Bpjs yaitu http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ kemudian klik saja menu Layanan kemudian klik Pendaftaran Peserta ( lihat gambar dibawah )
halutamaBpjs1
Kemudian akan muncul Bpjs-kesehatan admission yang berisi syarat dan ketentuan pendaftaran Bpjs kesehatan, sebaiknya anda baca semua. Kemudian kasih tanda ceklist langsung klik Pendaftaran
halutamaBpjs2
Setelah anda Klik Pendaftaran akan muncul halaman berikutnya yang mewajibkan untuk mengisi nomer Kartu Keluarga (KK) jangan lupa sebelumnya kasih tanda ceklist dulu. Kemudian isi kode captca biasanya terdiri 6 huruf kapital semua, setelah itu klik pada tulisan “inquery Kartu Keluarga”


halutamaBpjs3halutamaBpjs4
Permasalahan justru adalah saat saya daftar online ternyata servernya lagi ‘DOWN’ , registrasinya oke namun saat melakukan pembayaran di ATM, gagal terus. Berbekal tekad yang membara dan semangat juang 45 saya pun mencoba tanya sana sini untuk mencari alamat kantor BPJS. Ternyata alamatnya dekat yakni di Tiga Raksa, setelah gerbang kawasan BIZ Point.
Saya pun mendatangi kantor tersebut untuk pengurusan pendaftaran online saya yang bermasalah. Agar tidak bolak balik mengurusnya ada dokumen yang harus kita bawa, yakni;
  • Foto copy KTP
  • foto copy kartu keluarga
  • Foto pas 3×4 1 lembar, per anggota keluarga
  • foto kopi surat nikah bagi yang sudah
  • Foto kopi kartu NPWP atau nomornya saja
  • Bangun pagi untuk mengantri (alhamdulillah selama libur lebaran antriannya cuma sedikit)
Cara daftar bpjs mandiri perorangan
  • Isi formulir dan ambil nomor antrian
  • Serahkan dokumen yang anda bawa pada petugas adm
  • Kemudian anda akan diberikan akun virtual untuk melakukan pembayaran
  • Pembayaran hanya bisa dilakukan 1 minggu setelah pendaftaran dan melalui ATM Mandiri, BRI dan BNI
  • Setelah menunggu 1 minggu sesuai tanggal yang tertera, lakukanlah pembayaran di ATM.
  • Bawa struk pembayaran untuk mengambil kartu BPJS ke kantornya atau bisa dengan cetak online kalau tak mau antri
  • Kartu baru bisa di pakai 1 minggu setelah premi pertama dibayar.
Hal yang perlu anda perhatikan adalah, siapkan dokumen penunjang secara lengkap biar tak mondar mandir, masa aktif kartu 2-3 minggu, jadi harap bersabar. Yang pasti bertawakal tetap pada Allah swt. Kepesertaan kita di BPJS hanya untuk memenuhi kewajiban kita sebagai warga negara yang baik. Sebab kelak (katanya) kartu BPJS akan diwajibkan kepada warga negara seperti halnya kartu NPWP yang sekarang hampir dimiliki oleh setiap warga.
Ini dia kartu yang saya dapat setelah 2 minggu menunggu
kartu BPJS

Ridwan Nurhadi S.Pd, Penulis buku Cara Kaya dari Dunia Maya. Bagi anda yang membutuhkan privat training untuk pembuatan dan pengelolaan website dapat menghubungi saya di WA 085282586864.

Pesan website murah sekarang juga!

Keluhan dan saran
Bantu saya untuk lebih baik
Ridwan Nurhadi
WA 085282586864
Tangerang, Indonesia